Akibat Dari Perang Dunia Pertama (The Great War)

label

AKIBAT Dari PERANG DUNIA PERTAMA (The Great War)


Selamat datang di Kejadian Lalu, pada artikel ini kami akan membahas Dampak dari Perang Dunia Pertama (The Great War) yang telah berlangsung kurang lebih selama 4 tahun (1914 hingga 1918). Peperangan yang menggunakan kekuatan sekutu (Allied Power) dan kekuatan sentral (Central Power), mengakibatkan banyak kerugian dalam berbagai sektor penting bagi Negara-negara yang mengikuti peperangan ini.
Perang Dunia Pertama tidak bisa di jauhkan dari Kerugian mulai dari efek fatal yang di akibatkan pada negara-negara Eropa dan juga pada dunia. Kawasan Eropa hancur lebur sementara Negara yang ada di luar Eropa mengalami gejolak yang hebat. Berikut sector-sektor dampak yang di akibatkan Perang Dunia I.

1. Korban Perang


Korban Perang
Perang Dunia 1 yang terjadi di tahun 1914 memakan korban jiwa yang cukup banyak bukan hanya para prajurit yang ikut bertempur yang harus menjadi korban dari perang besar ini, tetapi juga masyarakat sipil yang tidak tahu apa-apa. Kekuatan militer yang besar dimiliki oleh pihak sekutu dan pihak tengah dengah dengan di tompang persenjaatan yang canggih pada masanya, membuat korban yang berjatuhan tidak dapat dihindari, sedikitnya 10 juta pasukan gugur di medan perang. Jumlah itu belum ditambahkan dengan korban yang berjatuhan di pihak masyarakat sipil

2. Sektor Politik

Komunis di Rusia
  • Jatuhnya 4 Kekaisaran besar yang ada di Eropa, dan berubah menjadi Negara-negara republic, yaitu Jerman, Rusia, Turki, dan Austria-Hongaria.
  • Munculnya Negara-negara baru, seperti Italia, Rumania, Polandia, Cekoslovakia, Kroasia, Yugoslavia, Hongaria, Iran, Irak, Yordania, Arab Saudi, Mesir, Syria (Suriah), Estonia, Latvia, dan Lithuania.
  • Terbentuknya LLB (Liga Bangsa-Bangsa) yang di prakasai oleh Woodrow Wilson yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.
  • Mulai muncul paham Komunis di Rusia, Nazi di Jeman, Nasionalisme di Turki, Militer di Jepang, dan Fasis di Italia
  • Terpecahnya Austria-Hongaria menjadi beberapa negara, termasuk Austria, Hongaria, Cekoslovakia, dan Yugoslavia

3. Sektor Ekonomi

Akibat Perang Dunia Pertama Eropa mengalami kerugian yang cukup parah. Kerugian ini didasari karena banyaknya hancur sarana Fisik dan Non fisik yang menompang perkembangan ekonomi mulai dari Hancurnya pusat-pusat industri di Eropa, hingga Rusaknya Pertanian yang mengakibatkan timbul kelaparan yang hebat di Rusia.
Perang Dunia Pertama juga meninggalkan Hutang akibat peminjaman biaya perang, baik kepada rakyat maupun Negara lain, sehingga membuat pengangguran massal di Eropa.

4. Sektor Sosial

 
Pengobatan korban Perang

  • Negara-negara Eropa kehilangan banayak pemuda
  • Akibat banyaknya pria generasi muda yang gugur dalam perang, membuat peranan perempuan meningkat
  • Meningkatnya Produksi industri besar-besaran demi memenuhi kebutuhan perlengkapan Perang Dunia I.
  • Terjadinya peleburan kelas sosial menuju pemerintahan yang lebih demokratis.

Itulah beberapa Dampak yang di akibatkan oleh Perang Dunia Pertama, Peperangan hanya membawa kerugian dan kehancuraan bagi Negara-negara yang ikut dalam peperangan tersebut khususnya di daerah Eropa pada masa tersebut.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon