Pengertian Sejarah dalam Bahasa dan Menurut para Ahli

label

Pengertian Sejarah dalam Bahasa dan Menurut para Ahli

Historia oleh Nikolaos Gysis (1892) (Wikipedia)

Sejarah merupakan Studi tentang masa lalu, khusunya bagaimana kaitannya dengan manusia. Secara lebih luas Sejarah juga berkaitan dengan peristiwa masa lalu dalam penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa yang ada di dalamnya, dan istilah sejarah mencakup dalam kosmik, geologi, sejarah makhluk hidup (Sering di artikan secara umum sebagai Sejarah manusia), hingga ke dalam bidang akademis (dalam bentuk narasi). Mereka yang meneliti sejarah di sebut sebagai ahli sejarah atau sejarawan.

Pengertian Sejarah dalam Bahasa

Lukisan Dinding(OkeZone)
Kata sejarah secara harfiah berasal dari kata Arab (شجرة, šajaratun) yang memiliki arti Pohon, dan jika dalam bahasa Arab sendiri sejarah di sebut tarikh (تاريخ) yang di terjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai waktu atau penanggalan. Kata sejarah lebih dekat kepada Bahasa Yunani berasal dari kata ἱστορία, historia (makna asli bahasa: Ilmu atau Orang pandai) yang berarti Penyelidikan, pengetahuan yang di peroleh melalui Penelitian. Kemudian dalama Bahasa Inggris menjadi History yang maknanya masa lalu manusia.kata lain yang mendekati acuan sebelumnya adalah Geschichte (Bahasa Jerman) yang berarti sudah terjadi.
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu ada beberapa variasi, walaupun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah bermuasal dari Yunani historia. Dalam bahasa Inggris sangat dikenal dengan history, Bahasa Prancis historie, Bahasa Italia storia, Bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan Bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.

Pengertian Sejarah menurut Para Ahli

  • J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

  • W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

  • Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

  • Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

  • Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

  • Ibnu Khaldun (1332–1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

  • R. Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  • Aristoteles
Sejarah adalah satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.

  • Moh. Hatta
Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

  • Ertis Stern
Sejarah itu timbul dari suatu persoalan yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. Karena itu, sejarah akan berubah-ubah bersama dengan berubahnya waktu, harapan, dan pemikiran rasa cemas yang tumbuh kemudian.

  • Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

  • Costa
Sejarah dapat didefinisikan sebagai “record of the whole human experinence”. Dimana pada hakikatnya sejarah merupakan catatan seluruh pengalaman, baik secara individu maupun kolektif bangsa dimana masa lalu tentang kehidupan umat manusia.

Itulah Sedikit penjelasan dari Pengertian Sejarah dalam Bahasa dan menurut para Ahli, semoga bermamfaat.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon