4 Penyebab Terjadinya Perang Dunia Pertama (The Great War)

label

Penyebab Terjadinya Perang Dunia Pertama

Mayat Korban (Sumber Softilmu)

Kembali lagi di Kejadian Lalu, kali ini kami akan membahas tentang penyebab langsung terjadinya perang dunia pertama atau sering disebut The Great War yang berlangsung kurang lebih dalam 4 tahun (1914 hingga 1918), peperangan dengan menggandeng kekuatan sekutu (Allied Powers) dan kekuatan sentral (Central Powers), mengakibatkan banyak kerugian bagi negara-negara yang ikut andil dalam peperagan ini, berikut beberapa penyebab terjadinya perang dunia Pertama :

 

1. Perkembangan Nasionalisme


Perkembangan Nasionalis pada abad ke-19, membuat italia dan jerman menjadi sekutu.
Perkembangan nasionalisme ini juga mengakibatkan negara-negara imperialis (Seperti Austria-Hongaria, Inggris,Prancis, dan Turki Otoman) gelisah, dikarenakan wilayah jajahan mereka yang mulai memuntut kemerdekaannya sendiri.
Perkembangan Nasionalsime yang paling mencolok pada era ini adalah keinginan bangsa Slavia di Bosnia dan Herzegovina untuk keluar dari bagian Austria-Hungaria dan menjadi bagian dari Serbia.

 

2. Aliansi Pertahanan Bersama


Peta pembagian Triple Alliance dan Tripel Entente (Sumber Tes)
Seiring berjalannya waktu, negara-negara di seluruh Eropa mulai saling membuat perjanjian pertahanan bersama yang akhirnya menarik mereka ke dalam perang dunia.
Salah satu inti dari isi perjajian yang di buat adalah ketika salah satu negara di serang, maka negara-negara yang tergabung menjadi sekutu akan ikut membantu.

Sebelum Perang Dunia terjadi Pada tahun 1882, Jerman, Italia, dan Austria-Hongaria membentuk persekutuan militer bernama Triple Alliance. Sebagai reaksi terhadap Triple Alliance maka di bentuklah Triple Entente pada tahun 1907 yang terdiri dari Prancis, Ingris, dan Rusia. Akibat adanya persekutuan ini, bangsa-bangsa eropa terbagi menjadi 2 blok.

Awalnyaa Austria-Hongaria menyatakan perang terhadap Serbia, sehingga membuat Rusia ikut dalam peperangan untuk membela Serbia. Kemudian Jerman yang melihat mobilisasi Rusia lantas menyatakan perang terhadap Rusia.
Perancis kemudian juga ikut terlibat melawan Jerman dan Austria-Hungaria. Jerman yang kemudian menyerang Perancis melalui Belgia sehingga menarik keterlibatan Inggris ke dalam perang.
Jepang juga memasuki perang yang disusul dengan Italia dan Amerika Serikat yang membela sekutu.

 

3. Militerisme

Gurkha (Sember Berdikari Online)

Dalam Nuansa perkembangan nasionalisme, masing-masing negara mulai membangun kekuatan militer negara masing-masing. Pada tahun 1914, Tercatat Jerman sebagai negara dengan perkembagan militer yang besar.
Perkebangan Angkatan Laun juga mengalami peningkatan di Ingris dan Jerman.
Di sisi lain, khususnya di Jerman dan Rusia, kelompok militer mulai memiliki peran lebih besar dalam mempengaruhi kebijakan publik.
Akibat Militerisme ini semakin mendorongnya terjadi Perang Dunia I.

 

4. Penyebab Langsung : Terbunuhnya Franz Ferdinand (Austria-Hongaria)

Koran tetntang pembunuhan Franz Ferdinand  (Sumber telegraph)
 Terbunuhnya Franz Ferdinand pewaris tahta kerajaan Austria-Hongaria bersama dengan istrinya yang ditembak oleh Gavrilova Princip yaitu yaitu seorang anggota kelompok teroris dari Serbia pada tanggal 28 Juni 1914 menjadi salah satu alasan bagi Ausria-Hongaria untuk menghancurkan Serbia.
Karena kejadian ini kerajaan Austria-Hongaria mengajukan sejumlah tuntutan yang memberatkan kepada serbia. Kemudian Serbia mampu memenuhi tuntutan ini dan menawarkan konferensi internasional untuk membahas tuntutan yang lainnya.
Tetapi, Kerajaan Austria-Hongaria menolak tuntutan yang bisa dipenuhi oleh serbia, sebulan setelah Franz Ferdinand terbunuh, kerajaan austria-hongaria menyatakan perang kepada serbia kejadian ini mengawali pertempuran di font Balkan sekaligus menandai perang dunia pertama pun dimulai.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon